phone Phone
+628119327889
close
menu

PT Arindo baja cipta

Pabrikasi Kawat Bendrat

Sebagai parikasi atau pembuat kawat bendrat yang memiliki berbagai macam sebutan seperti kawat beton atau kawat ikat. Kami akan membagiakan informasi seputar pengetahuan mengenai kawat seperti pengertian dan fungsi, cara pemakaian, cara produksi, jenis ukuran dan bahan, hingga tips memilih kawat bendrat.
Yuk baca artikel dibawah ini seputar kawat bendrat

Kawat memiliki fungsi umum untuk bahan bangunan, serta beberapa lainnya untuk melindungi sesuatu, atau memperkuat suatu rangkaian benda kaku dan keras. Terdapat banyak sekali jenis kawat yang digolongkan berdasarkan fungsi dan tujuan kegunaannya, seperti kawat bendrat. Pengertian dan fungsi kawat bendrat bisa diketahui lewat pemasangannya di suatu tempat.
Beberapa orang mungkin tidak mengetahui sebutan kawat bendrat sebagai salah satu jenis kawat. Sebenarnya kawat tersebut telah banyak dimanfaatkan untuk melengkapi susunan benda yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada kendaraan. Anda bisa melihat contoh kawat bendrat pada berbagai jenis ban mobil hanya pada saat tertentu saja.

Mengetahui Pengertian Kawat Bendrat

Pengertian dan fungsi kawat bendrat didefinisikan secara beragam tergantung setiap orang melihat manfaatnya. Anda bisa mengetahui pengertian kawat bendrat secara umum, yakni sebuah kawat berukuran tipis yang memiliki rangkaian tulangan. Hal tersebut menyebabkan kawat ini dimanfaatkan untuk membentuk kerangka benda-benda bangunan.

Anda bisa mengetahui kawat bendrat ketika mengamati struktur tulang dari rangkaian bangunan kolom, sloof, balok, dan kolom praktis. Kawat bendrat lebih umum ditemui pada ban-ban kendaraan berat seperti truk pada saat dibakar saja. Meski ukurannya sangat tipis, kawat ini cukup kokoh untuk dijadikan sebagai kerangka sebuah bangunan.

Kawat bendrat biasa disebut sebagai kawat beton yang pemasangannya dilakukan dengan cara mengikat rangkaian tulangan sebuah besi dengan tulangan lainnya. Saat susunan tulangan telah disusun dengan pola tertentu sehingga terbentuk elemen struktur bangunan siap dicor. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengikat beton saat melakukan decking tulangan.

Kawat jenis ini sebenarnya sangat mudah ditemukan dan didapatkan di berbagai toko bangunan yang tersebar di seluruh wilayah. Kawat bendrat biasanya dijual meteran sesuai dengan kebutuhan para pelanggan untuk menyusun kerangka struktur yang akan dibangun. Beberapa jenis kawat yang lain dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi, begitupun dengan kawat ini.

Diameter kawat bendrat disediakan dalam beragam ukuran sesuai dengan kesesuaiannya untuk dipasang pada kerangka bangunan. Ragam diameternya mulai dari 0.8 milimeter hingga di atas 2.8 milimeter. Selain dijual meteran, beberapa toko juga menyediakan kawat bendrat untuk dipesan dengan besaran kiloan.

Fungsi Kawat Bendrat

Fungsi umum kawat bendrat yang sering digunakan oleh semua orang kebanyakan yakni sebagai pengikat struktur bangunan seperti yang telah dijelaskan di atas. Hal tersebut membuat kawat jenis ini sangat cocok untuk memperkokoh bangunan yang mudah terkena risiko berbahaya. Seperti pada bangunan perusahaan manufaktur, bengkel, gedung, atau pagar balok.
Baja atau besi tulangan membutuhkan pengikat kawat yang diameternya kecil agar mudah dilingkarkan pada kerangka balok atau struktur lainnya. Anda akan memerlukan kawat bendrat cukup panjang agar dapat mengikatnya dengan 3 lapis rangkap. Ikatan menjadi kuat ketika lapisan dipertebal dengan kawat bendrat berukuran tipis.

Fungsi kawat bendrat tersebut bisa ditemui ketika Anda mengetahui hal-hal berkaitan dengan bidang-bidang khusus. Seperti komunikasi jaringan yang membutuhkan perangkat salah satunya seperti kawat, serta di bidang bangunan. Berikut beberapa fungsi kawat bendrat yang umunya diketahui oleh banyak orang.

1. Alat Pengikat Fungsi paling umum dan paling banyak diketahui oleh semua orang di dunia adalah sebagai alat pengikat. Kawat bendrat mampu mengikat rangkaian besi yang memiliki diameter sedang dan bersifat kaku. Kawat tersebut dipakai dengan cara melingkar atau melilitkannya di bagian batang besi yang dibentuk menjadi rangkaian tertentu salah satunya seperti balok.

Selain dijadikan sebagai pengikat rangka besi, kawat bendrat juga dapat dijadikan sebagai alat pengikat rangkaian pagar kawat, besi, serta dinding pagar beton. Ikatan menjadi kuat dan kokoh ketika kawat bendrat menggunakan lapisan tebal, yakni diikat minimal tiga putaran.

Umumnya kawat bendrat yang digunakan sebagai rangka dinding beton atau besi berdiameter kecil sekitar 0.8 hingga 2.8 milimeter agar mudah dilingkarkan. Diameter kawat bendrat untuk keperluan pengikat struktur bangunan sebaiknya berukuran sedang. Karena tidak terlalu tebal dan kaku untuk dilingkarkan serta tidak mudah patah dan rapuh.

2. Alat Penahan kerangka Kunci Balok Besi
Kawat bendrat juga berfungsi sebagai alat penahan rangka pada struktur bangunan yang menggunakan material kawat besi. Sebagai penahan, kawat bendrat ini harus dililitkan di tiap sudut balok besi yang dirangkai. Anda membutuhkan alat pemutar khusus besi bendrat yang disebut Tie Wire Twister.

Alat tersebut mudah ditemukan di berbagai toko bangunan, bahkan bisa didapatkan secara online. Besi bendrat dengan ukuran diameter yang cukup tebal mulai dari 3 hingga 6 milimeter bisa diputar dan dililitkan dengan bantuan alat ini. Kawat tersebut bisa diikat membentuk simpul sehingga sudut rangka balok besi tidak mudah lepas atau tergeser.

Umumnya kawat bendrat yang digunakan sebagai pengunci sudut-sudut besi balok atau kerangka lain memiliki ukuran diameter yang perlu disesuaikan terlebih dulu. Terutama dengan ketebalan besi yang akan dikunci. Saat membuat pagar dari kawat besi berukuran sedang Anda hanya memerlukan kawat bendrat berdiameter kecil mulai 0.8 hingga 2 mm.

Anda bisa memperoleh kawat bendrat beserta peralatan untuk menggunakannya sesuai dengan keperluan. Tie Wire Twister memang menjadi salah satu alat khusus untuk melilitkannya pada berbagai rangkaian bangunan dengan material keras, berat, dan kaku. Atau bisa juga digunakan sebagai pengikat sesama kawat namun dengan jenis berbeda.

Anda tidak memerlukan bantuan alat pengikat apabila kawat bendrat hanya digunakan untuk memperkuat rangkaian kawat jenis lain yang lebih tebal dan kuat. Biasanya hal tersebut bisa ditemukan pada pagar kawat sederhana. Fungsinya sebagai pelindung halaman, atau kandang berbagai jenis hewan dengan beragam ukuran.

Penerapan kawat bendrat pada kandang hanya memerlukan sejumlah kecil ukuran kawat bendrat. Dan tidak membutuhkan terlalu banyak lilitan di tiap sudutnya.

3. Alat Komunikasi
Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa kawat bendrat juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu perangkat untuk menyusun alat komunikasi. Kawat ini nantinya digunakan sebagai pengikat beberapa kawat besi lain untuk menyusun sistem linking.

Fungsinya sebagai kawat tipis pengikat membuat bendrat menjadi salah satu jenis kawat yang cukup mudah untuk dimanfaatkan di berbagai bidang. Anda dapat menggunakannya hanya untuk sekedar mengikat tumpukan kabel, dan yang lainnya. Kawat bendrat ini akan mudah diterapkan pada berbagai sistem jaringan kabel sebagai sarana komunikasi.

Kawat bendrat yang difungsikan sebagai alat komunikasi ini sangat jarang ditemui. Karena kegunaan dasarnya hanya sebagai kawat pengikat berbagai rangkaian alat, terutama yang terbuat dari material besi, baja, atau beton.

Semua orang tentu memahami pengertian dan fungsi kawat bendrat secara umum seperti yang ditemui pada berbagai kerangka bangunan atau kerangka ban. Hingga kini kawat bendrat masih banyak dicari untuk pelengkap bahan bangunan yang kokoh. Hanya ada beberapa yang memanfaatkan kawat bendrat untuk rangkaian alat komunikasi dan alat pemutar.

Sumber Referensi
https://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-kawat/
https://www.distributorbangunan.com/tag/pengertian-kawat-betonbendrat/

 

Kawat bendrat merupakan salah satu jenis kawat yang fungsinya digunakan untuk mengikat rangkaian kerangka besi, baja, dan beton struktur bangunan. Anda harus mengetahui cara pemakaian kawat bendrat terlebih dahulu agar ikatan tersebut melingkar di sudut yang tepat. Beberapa orang menggunakan alat bantu khusus seperti Rebar Tying Machine, dan lainnya.

Pada beberapa kerangka tulangan Anda tidak dapat melilitkan kawat bendrat dengan tangan kosong sehingga harus menggunakan alat. Di beberapa rangka yang bahannya terbuat dari kawat namun dengan jenis yang berbeda dari kawat bendrat. Contohnya dapat dilihat pada bentuk pagar atau dinding kandang kawat sederhana.

Kegunaan Penting Kawat Bendrat

Cara pemakaian kawat bendrat dapat diketahui ketika Anda telah memahami terlebih dahulu tentang pengertian sekaligus fungsinya. Caranya pemasangannya tersebut akan bergantung pada material tempat di mana kawat akan dipasang.

Cara pemakaian kawat bendrat pada kerangka tulangan besi atau baja tentu berbeda dengan cara pemasangan pada rangkaian pagar sederhana. Begitu juga pemasangan pada rangka ban kendaraan berat seperti truk. Anda dapat mempelajari caranya apabila telah mengetahui kondisi nyata material yang membentuk suatu kerangka tulangan.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memasang kawat bendrat adalah fungsi atau kegunaannya. Kawat bendrat dapat dimanfaatkan sebagai penguat rangka bangunan yang akan dilapisi material cor. Kegunaan lainnya dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi beberapa orang yang memiliki ide kreatif tertentu untuk memanfaatkannya di bidang lain.

Cara Pemakaian Kawat Bendrat dengan Mudah

Kawat bendrat memiliki ukuran yang tipis, dan beberapa mudah patah ketika Anda melakukan kesalahan saat memasangnya. Ketika kawat bendrat yang dipilih berukuran lumayan tebal sekitar 6 hingga 8 milimeter maka Anda akan kesulitan memasangnya. Karena kawat lebih sulit untuk diikatkan pada rangka, terutama jika tidak menggunakan bantuan alat khusus.

Beberapa cara pemakain kawat bendrat sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan bagi seorang yang tidak ahli di bidang bangunan dan properti. Anda setidaknya memiliki kekuatan yang cukup untuk memindahkan kerangka besi, baja, beton yang cukup berat. Berikut langkah umum yang banyak dilakukan oleh ahli bangunan untuk memasang kawat bendrat.

1. Siapkan Peralatan
Langkah pertama sebelum melilitkan kawat bendrat pada tulangan tentu mempersiapkan segala peralatannya. Mulai dari kawat bendrat itu sendiri, kerangka tulangan atau benda lain yang memerlukan ikatan kawat. Kemudian alat khusus yang dapat digunakan untuk memotong dan melilitkan kawat bendrat.

Persiapkan tempat yang sesuai untuk memasang kawat, area yang cukup luas dapat digunakan untuk memasang kawat pada rangka atau struktur bangunan. Di area sempit dapat digunakan sebagai tempat memasang kawat pada benda lain dengan ukuran kecil.

2. Sesuaikan Ukuran Kawat Bendrat
Kawat bendrat yang dipersiapkan sebaiknya memiliki ukuran lebih dari yang Anda butuhkan untuk menghindari kekurangan stok. Kawat bendrat biasanya dijual kiloan di berbagai toko bangunan. Anda juga dapat memesannya dengan ukuran bwg dan diameter sesuai yang dibutuhkan.

Ukuran diameter kawat bendrat yang kecil dan cenderung tipis baik digunakan pada rangkaian besi sederhana. Atau kerangka lain yang terbuat dari beberapa jenis kawat berukuran tebal untuk membangun sesuatu. Kawat bendrat berdiameter sedikit tebal akan dibutuhkan untuk mengunci tulangan besi dan baja tebal sebagai kerangka bangunan.

3. Rancang atau Beli Alat Pengikat dan Alat Pemutar Bendrat
Kenali benda atau barang yang hendak diikat menggunakan kawat bendrat agar Anda dapat menyediakan alat untuk memasangnya. Terdapat beragam alat khusus untuk melilitkan kawat bendrat ke berbagai model tulangan. Alat pengikat yang diketahui secara umum untuk mengikat bendrat seperti kateha atau Wire Twister Twisting, dan Rebar Tying Machine.

Alat-alat tersebut sangat mudah ditemukan di seluruh toko bangunan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa keluar rumah dengan melakukan pemesanan online. Seluruh jenis alat pengikat bendrat dan kawat lain telah disediakan secara lengkap. Pastikan bahwa pemilihan alat sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang tepat.

Anda dapat memanfaatkan alat lain yang bisa ditemukan dengan mudah seperti tang. Pengaplikasian dengan tang cukup rawan menyebabkan kawat dapat patah, terutama saat mengikat dengan cara yang salah. Umumnya tang dimanfaatkan sebagai alat pemotong kawat, dan hanya ada sedikit jenis tang dengan ujung bergelombang yang aman digunakan.

4. Siapkan Kerangka Besi, Beton, atau Baja yang Hendak Diikat
Jangan lupa bahwa Anda mempersiapkan kawat bendrat dengan ukuran tertentu untuk mengikat rangka tulangan apapun, baik itu balok, kolom, dan sebagainya. Terutama yang terbuat dari besi, baja, beton, dan sesame kawat dengan jenis yang berbeda. Siapkan rangka tulangan yang akan diikat menggunakan kawat bendrat.

Pada kerangka besi atau baja yang berbentuk balok dengan empat sudut di tiap sisinya, Anda dapat memilih kawat bendrat dengan diameter cukup besar. Kerangka berbentuk kolom juga sebaiknya diikat dengan kawat bendrat berukuran tebal, serta dililit berlapis.

5. Potong Kawat Bendrat
Sebelum melilitkan kawat bendrat, Anda perlu memotongnya terlebih dahulu. Siapkan alat untuk memotong seperti tang yang digunakan pada kawat berukuran tipis. Dan grenda pada kawat berukuran lebih tebal serta dapat memotong bendrat per rol sekaligus. Sehelai kawat dengan diameter kecil bisa Anda potong menggunakan tang berujung runcing.

Kawat bendrat yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak untuk mengikat seluruh rangkaian kerangka dapat dipotong menggunakan grenda. Hal itu lebih mudah dan praktis, Anda dapat memotong kawat satu rol menjadi beberapa bagian dengan sekali potong. Tang tetap dibutuhkan ketika Anda telah usai mengikat kawat di setiap rangkaian tulangan.

Pada pemasangan kawat di rangkaian tulangan diperlukan kawat bendrat berjumlah banyak. Pemotongan kawat akan dilakukan dua kali, yang pertama Anda memotongnya dengan grenda sekaligus pada satu rol bendrat. Kemudian memotongnya setelah melilitkan tiap helai kawat pada rangkaian tulangan.

6. Lingkarkan dan Ikat Kawat Bendrat Pada Kerangka
Langkah selanjutnya yakni melilitkan kawat secara melingkar pada rangkaian yang hendak dikunci. Lakukan tahap ini setelah Anda memotong kawat bendrat menjadi beberapa bagian sama panjang. Pasang lilitan dengan lapisan dobel hingga rangkaian terkunci dengan rapat dan tidak mudah lepas.

Setelah dililitklan secara melingkar Anda dapat mengikat kawat bendrat dengan simpul yang tepat. Jangan mengikatnya seperti saat mengikat tali sepatu, karena berisiko mematahkan kawat. Cukup lilitkan ujung kawat dengan ujung lainnya hingga membentuk pola spiral kemudian melingkarkannya kembali pada rangkaian.

Rapatkan pola kunci tersebut hingga rangkaian tidak bisa lepas. Kemudian potong kawat bendrat yang telah dikunci menggunakan tang. Cara pemakaian kawat bendrat memang cukup mudah meski dilakukan oleh seseorang yang tidak ahli di bidangnya.

Cara tersebut perlu diperhatikan karena tidak semua orang mampu melakukannya dengan tepat sehingga pemasangan tidak efektif. Terutama pada saat melakukan pemotongan dan pemasangan lilitan kawat bendrat.

Sumber Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=f4rQG_MyEYQ

 

Kawat dari berbagai jenis secara garis besar diproduksi dengan cara yang sama, terutama jika penyusunnya berasal dari bahan yang sama. Begitupun dengan cara produksi kawat bendrat yang tersusun dari baja batangan atau wire rod. Proses pengolahan bahan tersebut untuk dijadikan kawat pun dilakukan dengan cara yang sama.
Satu proses pengolahan biasanya berlaku untuk membuat semua jenis kawat yang bahannya sama. Proses pembuatan berbagai jenis kawat bisa diamati di perusahaan yang secara khusus mengolah wire rods.

Produksi Kawat dari Wire Rod Secara Umum

Cara produksi kawat bendrat melalui beberapa tahap yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena peralatan pengolahannya yang cukup terbatas dan biasanya hanya disediakan oleh perusahaan secara lengkap. Dilihat dari bahannya, kawat bendrat terbuat dari wire rod sehingga Anda dapat mengamati proses yang sama pada pengolahan baja.

Wire rod yang menjadi row material ini tergolong sebagai nail wire, atau secara umum dikenal dengan kawat paku. Jenis kawat ini termasuk ke dalam kategori Kawat Baja Karbon Rendah Biasa atau BJKB. Wire rod ini nantinya diolah dengan cara melalui proses penarikan dingin dan pengecilan kawat atau yang disebut wire drawing.

Olahan hasil produksi kawat dari baja batangan dapat menghasilkan beragam jenis kawat paku yang nantinya juga dijadikan sebagai bahan kawat bendrat. Beragam kegunaan kawat yang berasal dari wire rod dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, material kawat lapis seng, dan masih banyak lagi.

Produksi kawat bendrat melalui proses tambahan yang disebut annealing yang nantinya menghasilkan kawat lunak. Kawat bendrat juga disebut sebagai kawat lunak atau annealed wire yang tergolong sebagai BJKL (Kawat Baja Karbon Rendah). Wire rod diproses melalui tahap penarikan dingin untuk mengecilkan kawat.

Setelah didinginkan terlebih dulu, kawar kemudian dipanaskan selama beberapa waktu hingga kawat menjadi lunak. Kawat inilah yang disebut sebagai kawat bendrat, banyak dimanfaatkan sebagai bidang bahan pada perusahaan kertas atau di bidang konstruksi.

Cara Produksi Kawat Bendrat

Tahap pembuatan kawat yang berasal dari wire rod secara umum melalui dua tahap utama, yakni proses preparasi wire rod kemudian proses wire drawing. Secara singkat prosesnya dilakukan dengan menyiapkan wire rod. Kemudian melakukan proses pickling, cleaning, phosphating, normalizing, hingga menjadi wire rod.

Dari wire rod tersebut masih diolah lagi hingga menjadi kawat melalui tahap capstan selama tiga kali. Untuk menghasilkan kawat bendrat, hasil kawat paku tersebut diolah kembali melalui proses annealing. Proses pembuatan kawat bendrat selengkapnya bisa Anda lihat melalui beberapa tahap di bawah ini

1. Melalui Proses Cold Forming atau Wire Drawing
Kawat bendrat atau kawat lunak diproses melalui penarikan dingin setelah wire rod menjadi kawat paku. Pembentukan kawat di tahap ini dilakukan dengan mengatur temperatur rendah yang disebut cold drawing. Terjadi deformasi yang tinggi sehingga memerlukan pelumas cukup banyak agar pengaruh panas dari gesekan menurun.

Ada dua media pendingin yang dibutuhkan, yakni pelumas dan air selama proses deformasi berlangsung. Kawat akan ditarik dingin melalui mesin cetakan atau die, tepatnya pada lubang reduksi. Pastikan permukaan bantalan memiliki diameter yang telah diatur sesuai dengan target.

2. Proses Annealing
Setelah melalui proses cold working, selanjutnya kawat memerlukan pemanasan yang disebut annealing. Tujuannya agar kawat memperoleh sifat-sifat fisik dan mekaniknya kembali yang telah berubah saat proses deformasi berlangsung.

Pada proses annealing, sifat mekanik yang keras dan kuat saat ditarik akan menurun dan menjadikan kawat bersifat lunak. Logam kawat setelah dilunakkan sifatnya sedikit rapuh sehingga mengakibatkan adanya distorsi tinggi pada struktur Kristal. Annealing dilakukan untuk melunakkan kawat tetapi berupaya mempertahankan sifatnya yang kuat dan keras.

Caranya dapat dilakukan dengan tiga tahap annealing di bawah ini.
- Recovery
Recovery atau pemulihan dilakukan untuk mengembalikan dislokasi dari energi panas ke susunan yang lebih stabil. Peristiwa ini dinamakan poligonisasi, yakni pemulihan dislokasi untuk menyusun kembali dinding sel pada kawat. Serta membentuk sub batas dari butiran sel pada kawat dengan cara melakukan mekanisme vacancies.
Proses pemulihan akan menghasilkan logam dengan kekuatan yang cenderung turun, serta meningkatnya keuletan atau kelenturan. Kawat menjadi lebih rapuh dan mudah digerakkan atau dibentuk ke segala arah.

- Recrystalization
Rekristalisasi bisa disebut juga sebagai pengembalian butiran-butiran beku setelah terdeformasi dingin. Hasilnya berupa butir baru yang sifatnya bebas dari regangan lewat proses nukleasi. Proses berlangsung hingga sel membentuk struktur rekristalisasi yang baru yang masanya disebut sebagai periode inkubasi.

Proses rekristalisasi dapat dilakukan ketika temperatur telah diseting dalam suhu yang sesuai pada ukuran logam. Temperatur tinggi dibutuhkan untuk memproses banyak logam serta dapat mengakibatkan rekristalisasi dalam kurun waktu yang cepat. Tingkat keuletan atau lunaknya kawat bertambah ketika temperatur diseting di tingkat rendah.

- Penumbuhan Butir
Tahap akhir proses annealing ini adalah pada penumbuhan butir atau grain growth pada jaringan logam yang ada di dalam kawat. Butir akan tumbuh secara bertahap dan perlahan dalam bentuk yang sama. Proses ini disebut sebagai pertumbuhan butir secara normal.

Energi yang dibutuhkan untuk mendorong proses pertumbuhan dimiliki oleh batas butir itu sendiri. Proses pertumbuhan bisa terhambat ketika terjadi penyebaran atau disporsi pada butir di fase kedua. Proses lain yang mempengaruhinya yakni inkklusi dan orientasi tekstur.

- Reduksi
Setelah proses annealing selesai, kawat akan direduksi kembali untuk memastikan ukuran diameter kawat agar sesuai target. Besar kecilnya diameter kawat bendrat dapat diproses melalui penarikan kembali atau pengecilah diameter. Keberhasilan proses reduksi tersebut sangat bergantung pada besaran variabel yang berasal dari wire rod.

Selain variabel wire rod, variabel lain yang sangat berpengaruh seperti variabel operasi. Hal ini memiliki peran penting untuk keberhasilan reduksi. Terutama pada proses penarikan, pemberian pelumas, tingkatan reduksi hingga pengaturan sudut dies.

3. Pengemasan
Kawat yang telah diproses hingga menjadi output berupa kawat bendrat kemudian akan melalui tahap terakhir, yakni proses pengemasan. Anda harus mengetahui proses pengemasan yang tepat, yakni sesuai dengan standar yang telah ditetapkan SNI. Kawat bendrat biasa dikemas berdasarkan bentuk coil dengan ukuran berat tertentu.

Berat pengemasan coil bisa berdasarkan ketentuan SNI atau sesuai dengan pemesanan para pelanggan. Umumnya kawat bendrat dikemas dan dijual dengan ukuran kiloan atau per rol. Harganya sesuai dengan berat serta diameter dan bwg kawat.

Cara produksi kawat bendrat di atas cukup panjang apabila Anda ingin mengetahuinya mulai dari proses paling awal wire rod diolah hingga akhir menjadi kawat bendrat. Ada tiga tahapan yang perlu dilalui, yakni proses pemanasan, kemudian penarikan dingin, dan proses pemanasan kembali. Anda bisa mengamati proses produksi dengan cepat melalui perusahaan wire rods.


Sumber Referensi https://ardra.biz/sain-teknologi/metalurgi/pembentukan-logam-metal-forming/pabrik-pembuatan-kawat-tahapan-produksi-wire-rod-manjadi-kawat/ http://www.nesiyo.com/produk/list_produk/5 https://ardra.biz/sain-teknologi/metalurgi/perlakuan-panas-logam/proses-anil-annealing/

 

Sebelum membeli bahan pelindung untuk memperkokoh bangunan sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu jenis ukuran, dan bahan kawat bendrat. Anda akan lebih mudah dalam menyesuaikan spesifikasi kawat dengan rangka bangunan yang hendak dirancang. Ada beragam jenis yang biasanya telah tersedia di berbagai toko bangunan dan toko online.

Jenis ukuran dan bahan kawat bendrat memiliki ciri yang bisa diketahui secara umum, karena spesifikasinya berbeda dengan kawat jenis lain. Kategori spesifikasinya pun bisa dibedakan dari material atau bahan penyusunnya. Anda dapat memilih setiap kategori sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rangka bangunan yang akan disusun.

enis Ukuran Kawat Bendrat

Jenis ukuran, dan bahan kawat bendrat cukup beragam, hampir semuanya diketahui oleh masyarakat, terutama para ahli di bidang properti dan bangunan. Bentuk kawat bendrat yang diketahui secara umum menyerupai benang yang dililit melingkar dan membentuk roll. Kawat bendrat ini banyak dimanfaatkan untuk memperkuat kerangka tulangan balok, kolom, dan sloof.

Salah satu jenis kawat bendrat yang diketahui secara umum tersebut bisa Anda temui di hampir seluruh toko bangunan dan toko online. Beberapa jenis kawat lain yang memiliki fungsi hampir sama seperti kawat bendrat, antara lain.

- Kawat khas harmonika - Kawat bronjong
Kawat di atas memiliki bentuk yang berbeda dengan kawat bendrat tetapi kegunaannya hampir sama, yakni untuk memperkokoh rangka bangunan atau melindungi sesuatu. Kawat bendrat memiliki sifat yang lentur sehingga disebut juga sebagai kawat lunak. Hal tersebut diakibatkan sifatnya yang bisa dililitkan pada serangkaian tulangan terbuat dari besi maupun baja.

Proses pengolahan kawat bendrat sedikit berbeda dengan beberapa jenis kawat lain, yakni melalui tahap penarikan dingin dan pemanasan ulang. Kawat bendrat dihasilkan dan dikemas dengan beragam jenis ukuran. Hal tersebut disediakan sesuai ketentuan perusahaan tempat produksinya, atau bisa disediakan sesuai permintaan para pelanggan.

Ragam ukuran yang dikenal pada kawat bendrat berupa satuan ketebalan berupa bwg dan millimeter. Kawat bendrat tidak menggunakan satuan ketebalan selain millimeter karena ukuran tersebut sudah dianggap cukup tebal untuk ukuran kawat lunak. Ketebalan lebih dari satuan millimeter akan menghasilkan kawat yang kaku, tidak lunak dan sulit dibentuk.

Kawat bendrat termasuk ke dalam kategori kawat lunak yang helainya mudah digerakkan atau dibentuk seperti lekukan sehingga ketebalannya hanya mencapai satuan millimeter. Satuan tersebut sebenarnya hanya diberlakukan agar semua orang memahaminya. Meski mereka bukan termasuk orang ahli di bidang bangunan.

Satuan yang harusnya digunakan untuk menggambarkan spesifikasi ketebalan pada kawat bendrat adalah BWG. Singkatan tersebut memiliki kepanjangan dari Birmingham Wire Gauge yang secara khusus memang digunakan untuk mengukur ketebalan kawat. Penggambarannya dapat digolongkan ke dalam dua jenis satuan yakni millimeter dan inci.

Bagi Anda yang tidak memahami spesifikasi kawat bendrat dengan rincian ketebalan berupa BWG dapat mencari tahu satuan millimeter atau inci-nya saja. Di toko-toko online biasanya Anda akan menemui spesifikasi tentang ukuran ketebalannya secara lengkap. Serta ukuran berat berupa kiloan, satuan panjang atau roll saat dijual.

Beberapa toko tidak menyediakan kawat bendrat dengan ketebalan yang berurutan secara teratur. Hal tersebut memang dibuat seperti itu karena telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat secara umum. Berikut beberapa contoh jenis ukuran kawat bendrat yang dijual per rol di salah satu toko bangunan.
  • Kawat bendrat dengan ketebalan BWG 16 ( 1.60 mm )
  • Kawat bendrat dengan ketebalan BWG 14 ( 2.10 mm )
  • Kawat bendrat dengan ketebalan BWG 12 ( 2.85 mm )
  • Kawat bendrat dengan ketebalan BWG 10 ( 3.40 mm )
  • Kawat bendrat dengan ketebalan BWG 7 ( 4.20 mm )
  • Kawat bendrat dengan ketebalan BWG 6 ( 5.20 mm )
Angka BWG yang semakin banyak atau tinggi menunjukkan bahwa ukuran ketebalan diameter kawat semakin kecil atau tipis dengan satuan millimeter yang rendah. Kawat dengan diameter tebal ditunjukkan pada angka BWG yang semakin kecil dan satuan millimeter yang meningkat. Satuan-satuan tersebut seringkali digunakan sebagai spesifikasi kawat bendrat di manapun.

Anda dapat memesan kawat bendrat dengan menunjukkan ukuran satuan millimeter kepada penjual kawat bendrat. Terutama pada saat Anda membelinya di toko bangunan secara langsung yang tidak menuliskan spesifikasi secara detail di produknya. Saat membeli secara online sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu tentang bentuk dan kondisinya secara real.

Jenis ukuran kawat bendrat di atas dibuat sesuai dengan jumlah atau ukuran dari bahan-bahan yang tersedia untuk membuatnya. Kawat bendrat yang memiliki ukuran diameter lebih tebal tentu membutuhkan bahan yang lebih banyak, begitupun sebaliknya. Ukuran panjang kawat juga dipengaruhi oleh banyaknya bahan yang diolah.

Bahan Kawat Bendrat

Proses pembuatan kawat umumnya berbeda, yakni terbuat dari proses penarikan wire rods melalui mesin dan beberapa tahap. Pengolahan umum tersebut menghasilkan jenis kawat yang bersifat kaku. Untuk membentuk kawat lunak atau kawat bendrat memerlukan beberapa tahap tambahan lagi.

Hasil kawat paku setelah melalui beberapa tahap diolah kembali menggunakan proses penarikan dingin dan dipanaskan ulang agar melunak. Kawat menjadi lebih lentur dan ulet sehingga bisa digerakkan ke segala arah. Terutama digunakan untuk melilit kerangka besi, baja, atau beton agar terkunci dan menguat.

Bahan untuk membuat kawat bendrat hampir sama seperti jenis kawat lainnya yakni baja yang dicampur dengan bahan-bahan sejenisnya. Pemilihan baja haruslah berdasarkan ketentuan, biasanya baja memiliki ketahanan dan kekuatan cukup tinggi. Agar hasil produk kawat bendrat memiliki sifat ulet namun kuat, tidak mudah patah dan rapuh.

Salah satu jenis kawat yang digunakan sebagai campuran bahan pembuatan bendrat adalah kawat paku. Kawat jenis ini sifatnya lebih kaku dan sangat kuat, tetapi tidak memiliki kelenturan dan keuletan. Kawat paku akan dipanaskan kembali pada temperatur suhu tertentu untuk membuatnya menjadi ulet dan mudah digerakkan.

Bahan-bahan tersebut sangat umum ditemui di berbagai perusahaan pengolah wire rods atau penghasil kawat. Anda tidak dapat melakukan proses pengolahan sendiri meskipun telah mengetahui bahan penyusunnya. Karena membutuhkan beberapa alat dan mesin tambahan untuk menghasilkan jenis kawat bendrat.

Hasil kawat bendrat yang baik memiliki ciri-ciri bahwa kawat berwarna hitam, tetapi ada beberapa yang berwarna keabu-abuan. Kawat bendrat yang baik tidak mudah patah meskipun dibentuk melengkung ke segala arah dan berukuran tipis. Sifat utama kawat bendrat adalah ulet atau sedikit lentur dan rapuh, tetapi tidak akan mudah patah jika Anda memilih yang berkualitas.

Penjelasan tentang jenis ukuran, dan bahan kawat bendrat di atas dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi. Tujuannya digunakan untuk mengetahui spesifikasinya secara umum sebelum membeli kawat bendrat. Pilih kawat yang memiliki kualitas baik dengan cara mengikuti tips tertentu.

Sumber Referensi https://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-kawat/ https://www.distributorbangunan.com/tag/pengertian-kawat-betonbendrat/

 

Kawat bendrat memiliki fungsi penting untuk memperkuat dan memperkokoh rangka bangunan sebelum dicor. Untuk mendapatkan manfaat yang baik Anda perlu mengetahui tips memilih kawat bendrat terlebih dahulu. Para pelanggan yang telah ahli di bidang properti maupun bangunan akan selalu memperhatikan tips penting saat memilih kawat bendrat.

Tips memilih kawat bendrat sebenarnya cukup mudah dimengerti dan dilakukan sebelum membelinya. Beberapa orang pelanggan yang tidak mengetahui seputar kawat bendrat bisa mencari informasinya terlebih dahulu melalui para ahli di bidangnya. Kawat bendrat bukanlah jenis kawat yang bisa sembarangan dipilih karena mengakibatkan risiko yang cukup berbahaya.

5 Tips Memilih Kawat Bendrat Berkualitas

Tips memilih kawat bendrat merupakan cara penting bagi Anda yang belum memahami berbagai hal tentang kegunaan serta spesifikasinya. Anda bisa memperoleh kawat bendrat berkualitas tanpa ditemani orang ahli di bidangnya dengan mengikuti penjelasan berikut ini.

1. Carilah Informasi tentang Seputar Kawat Bendrat
Hal pertama yang paling penting bagi semua orang yang tidak mengerti rincian spesifikasi kawat bendrat adalah mencari informasi lengkap tentangnya. Informasi tidak hanya bisa didapatkan melalui orang-orang yang ahli di bidangnya secara langsung saja. Anda juga bisa memperolehnya melalui beberapa sumber yang dapat diakses melalui media online.

Cara tersebut merupakan langkah yang paling mudah karena Anda dapat melakukannya secara fleksibel, di manapun dan kapanpun. Hanya memerlukan jaringan internet yang optimal tanpa gangguan. Penjelasan tentang kawat bendrat pada media online sangat beragam, mulai dari spesifikasi yang singkat hingga penjelasan detail tentang produksinya.

Sebaiknya pilihlah beberapa bahan bacaan di media online yang cukup lengkap karena akan membantu Anda dalam menggambarkan kawat bendrat berkualitas secara detail. Pilih bacaan yang di dalamnya memberikan penjelasan mulai dari definisi, proses pembuatan, hingga beragam spesifikasi kawat bendrat. Hal tersebut pasti akan sangat membantu Anda.

Beberapa media yang menyediakan penjelasan secara lengkap dan jelas tentang kawat bendrat masih sangat terbatas. Anda dapat menemukannya hanya di satu atau dua sumber bacaan saja. Sebagian besar di antaranya berupa spesifikasi ukuran beserta harga yang dijual di toko-toko online. Tentu akan menyulitkan Anda jika belum terlalu memahaminya.

2. Perhatikan Spesifikasi Kawat Bendrat
Setelah memperoleh detail informasi penting tentang seputar kawat bendrat dari sumber terpercaya. Anda harus membaca perihal spesifikasi kawat bendrat secara detail terlebih dahulu. Barulah lakukan pencarian tentang produk kawat bendrat yang memiliki informasi spesifikasi yang lengkap agar mempermudah Anda sebelum membelinya.

Spesifikasi kawat bendrat yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk diketahui para calon pelanggan memiliki penjelasan cukup rinci. Isinya tidak ditulis secara mendetail karena akan terkesan bertele-tele. Di dalamnya dituliskan secara rinci tentang ukuran, bahan, dan penjualan per kilo ataupun per rol.

Penjual yang memberikan informasi tentang spesifikasi kawat bendrat dengan baik akan menuliskan tiap detail ukuran. Mereka juga akan menuliskan rentetan harga dari tiap ukuran kawat bendrat yang sedang dijual. Anda tidak perlu lagi menanyakan kepada penjual satu per satu, terutama saat membeli kawat bendrat secara online.

Produk kawat bendrat yang dijual dengan penjelasan spesifikasi yang baik biasanya terdapat pada platform marketplace. Atau Anda dapat mengunjungi situs online yang digunakan untuk melakukan jual beli kawat bendrat secara online.

Spesifikasi ukuran kawat bendrat yang cukup detail biasanya disertai dengan ukuran satuan berupa BWG, millimeter, dan inci. Para penjual akan menunjukkan ukuran tersebut di tiap roll yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain ukuran, spesifikasi lebih lengkap biasanya mencantumkan harga per rol atau kiloan sesuai ketentuan penjual.

3. Pertimbangkan Kualitas Kawat Bendrat
Tips ketiga yang sifatnya sangat penting berkaitan dengan kualitas kawat bendrat agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Kualitas kawat bendrat dapat ditinjau dari beberapa hal, antara lain:
  • Kekuatan dan keuletan kawat bendrat saat ditarik.
  • Tidak rapuh dan tidak mudah patah.
  • Kawat bendrat tidak bertekstur kaku meskipun kuat sebagai pengikat.
  • Kawat tidak mengalami pengaratan karena bisa menyebabkan sifatnya mudah patah.
  • Kawat yang bagus masih berwarna hitam atau keabuan yang mengkilap.
  • Dijual dengan harga terjangkau sesuai kondisi kawat bendrat.
Beberapa kualitas tersebut lebih banyak disediakan oleh distributor resmi dari perusahaan yang memproduksi kawat bendrat. Atau bisa juga di beberapa pihak yang memiliki jaringan penjualan kawat terpercaya dan berpengalaman. Pilih para penjual yang banyak dikunjungi oleh para pelanggan dan mendapatkan review yang bagus dari mereka.

Kualitas kawat bendrat bisa dipertimbangkan ketika Anda mengecek produknya secara langsung. Pembelian secara online bisa dilakukan asal toko mendapatkan peringkat penjualan dan respon baik dari para pelanggan. Kualitas sangat penting untuk dipertimbangkan karena kerangka bangunan harus dikunci menggunakan bendrat kuat.

4. Cari Tahu Tentang Informasi Penjual Kawat Bendrat
Setelah berbagai informasi detail berkaitan kawat bendrat Anda dapatkan, selanjutnya ketahuilah tentang penjualnya. Penjual yang memiliki reputasi baik tentu akan menyediakan kawat bendrat yang berkualitas bagus. Ciri-ciri penjual kawat bendrat yang bisa Anda pilih antara lain yakni.
  • Memiliki izin usaha secara legal.
  • Telah terbukti sebagai pihak distributor atau memiliki jaringan erat dengan pihak produsen kawat bendrat.
  • Menjual kawat bendrat dengan harga pasaran umum sesuai dengan kondisi barangnya.
  • Kawat bendrat yang dijual memiliki jenis ukuran yang beragam.
  • Penjual yang bereputasi baik akan menyediakan spesifikasi lengkap dan detail tentang kawat bendrat.
  • Mereka juga akan memberikan kemudahan pelayanan bagi para pelanggannya.
  • Kawat bendrat yang bisa dipesan beragam, tersedia paket rol maupun ukuran kiloan.
Beberapa poin di atas merupakan ciri umum yang disarankan untuk Anda ikuti. Karena dapat menghindarkan Anda dari modus penipuan penjual yang marak saat ini. Serta agar tidak mengalami kekecewaan atau penyesalan setelah membeli kawat bendrat.

5. Pastikan Penjual Terbukti Legal dan Terpercaya
Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Anda sebaiknya mengetahui pihak perusahaan atau produsen yang menghasilkan kawat bendrat. Penjual yang terpercaya pasti memiliki bukti tentang surat untuk membuktikan bahwa usahanya legal. Penjual yang menyediakan kawat bendrat berkualitas biasanya memiliki ragam berupa merk dan jenis kawat lainnya.

Pastikan bahwa merk-merk kawat bendrat yang disediakan oleh penjual bisa Anda temukan juga secara umum. Kemudian Anda bisa melakukan perbandingan antara penjual kawat satu dengan lainnya. Hal itu sah-sah saja untuk agar Anda memperoleh kawat yang memiliki kualitas terbaik.

Kelima tips memilih kawat bendrat di atas sangat berguna bagi Anda yang membutuhkannya namun tidak mengetahui informasi berkaitan dengan kawat tersebut. Simaklah dengan baik penjelasan lengkap yang ada pada tulisan ini karena cukup detail. Dan masih sangat jarang tersedia sumber lengkap yang memberikan Anda langkah mudah untuk memilih kawat bendrat.

Sumber Referensi
https://jaewangi.wordpress.com/2016/03/28/10-jenis-material-bahan-bangunan-dan-pengertiannya/ https://www.engineeringtoolbox.com/BWG-wire-gage-d_508.html